Click here for Myspace Layouts

Dampak Dari Perkembangan Komputer Bagi Karakter Dan Kehidupan Sehari-hari

Written by moh. elmas adi on Senin, 07 Februari 2011 at 16.26

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:

a. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet

b. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone

c. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)

b. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu

c. Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.

d. Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

Selain itu, dampaknya juga mempengaruhi terhadap karakter setiap orang. Yaitu semakin malasnya orang untuk bepergian keperpustakaan karena dengan berkembangnya komputer dapat mempermudah kita untuk memperoleh informasi-informasi. Begiu juga dengan pendidikan,Sekarang ini filsafat pendidikan mengatakan bahwa pengetahuan itu diciptakan oleh murid dan guru itu hanya fasilitator yang kurang penting. Hal ini mengakibatkan guru tidak menjadi dipentingkan sebab murid dapat belajar sendiri di dalam dunia internet yang luas. Dimana murid bisa mencari materi-materi yang mereka butuhkan tanpa harus menunggu dari seorang guru yang sebenarnya gurulah yang dapat membentuk karakter para murid. Padahal kita mengerti bahwa pembentukan karakter seseorang itu lebih penting daripada sekedar pengetahuan dan pembentukan karakter itu di dapat dari interaksi langsung dengan guru, orang tua dan hidup sosial. Sehingga teladan seorang guru yang seharusnya diberikan kepada murid sebagai pembentukan karakter tidak lagi tersampaikan.
Dengan berkembangnya dunia komputer ini maka seseorang tidak lagi repot mencari informasi yang mereka butuhkan, karena didalam dunia komputer atau lebih spesifiknya internet terdapat informasi yang mereka butuhkan. namun begitu banyaknya informasi sehingga akan muncul banyak pilihan juga. Mulai dari informasi yang positif sampai informasi yang sangat negatif. Namun dari semua itu kita kembalikan ke SDM yang menggunakannya. Tetapi dapat kita simpulkan bahwa perkembangan komputer yang sangat pesat ini bisa menjadikan karakter seseorang lebih baik juga membentuk karakter yang sangat buruk karena, semua itu tergantung kita dalam menggunakannya. Begitu juga dampaknya dapat bersifat positif ataupun negatif, bahkan dapat menghancurkan semuanya akibat dmpak negatifnya.

0 Responses to "Dampak Dari Perkembangan Komputer Bagi Karakter Dan Kehidupan Sehari-hari"

Pengikut

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.